Cara Memilih Platform Belajar Online yang Baik dan Bermanfaat

 



Kondisi pandemi COVID 19 saat ini membuat proses pembelajaran baik sekolah maupun kuliah dilakukan di rumah. Hal ini tentunya sangat memberikan banyak perubahan baik sistem belajar serta sistem mengajar yang dilakukan oleh para guru sehingga kegiatan tersebut harus dilakukan secara online menggunakan teknologi digital.

Kegiatan ini membuat murid mau tidak mau harus belajar lebih giat dan mandiri di rumah atau didampingi oleh orang tua. Hal ini juga membuat murid tidak hanya mengakses pengetahuan dari buku pelajaran saja, namun juga di berbagai macam platform online dengan berbagai keuntungan pula.

Platform belajar online tentunya memberikan banyak dampak positif kepada murid karena terkadang sama saja seperti memiliki guru atau les privat di rumah. Tentunya Anda harus menggunakan platform dengan kualitas bagus agar hasilnya menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memilih platform yang baik serta bermanfaat.

Menggunakan Kurikulum Paling Terkini

Kurikulum Indonesia selalu mengalami perubahan yang tentunya dilakukan agar mencapai standar mutu lebih baik. Kurikulum ini berupa program pendidikan serta mata pelajaran dari lembaga yang berwenang untuk digunakan dalam periode jenjang pendidikan. Semua sekolah harus menggunakan kurikulum terkini agar sesuai dengan standard yang telah ditentukan.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kurikulum yang digunakan oleh platform belajar online tersebut. Platform berfungsi sebagai pendukung proses pembelajaran di sekolah sehingga harus mengikuti kurikulum sekolah yang tentunya sesuai dengan pemerintah. Hal ini akan membuat proses pembelajaran terarah dan sesuai dengan sekolah.

Namun bila kurikulum tersebut tidak sesuai dengan aturan pemerintah, maka lebih baik meninggalkannya dan mencari platform lain. Ingatlah bila Anda mau hasil maksimal, maka gunakanlah penyedia terbaik yang sesuai dengan aturan berlaku oleh pemerintah.

Dapat Diakses Murid, Guru, dan Orang Tua

Hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah pastikan platform tersebut tidak hanya bisa diakses oleh murid, namun juga guru dan orang tua. Hal ini tentunya sangat penting agar penanggung jawab dapat mengontrol murid didiknya, mulai dari progress tugas, nilai, hingga cara berpikir yang berbeda – beda.

Bila dapat diakses oleh pihak guru dan orang tua, maka dapat dilakukan penilaian beberapa kali yang tentu akan menghasilkan evaluasi membangun. Dari pihak orang tua maka dapat membantu untuk mempelajari metode belajar di rumah, mengawasi proses pembuatan tugas, dan sebagainya.

Sedangkan bagi guru maka dapat membantu mengawasi murid – murid saat berlajar online ini, apakah kondusif, efektif, atau tidak, dan lain sebagainya. Bila proses pembelajaran tidak berjalan kondusif ataupun efektif, maka hal ini dapat menjadi evaluasi untuk memperbaiki cara atu metode belajar para murid di rumah.

Diakses dengan Sangat Mudah

Cara selanjutnya dalam memilih platform terbaik adalah mengenai cara mengaksesnya. Platform harus memiliki cara akses yang mudah untuk semua kalangan, terutama bila platform tersebut dapat diakses oleh guru dan orang tua. Kemudahan ini tentu akan membantu pengguna untuk memanfaatkan platform tersebut.

Pastikan fitur yang tersedia sudah jelas dan dapat berfungsi dengan baik. Akan lebih baik lagi bila bisa digunakan kapan dan dimana saja. Misalnya bila Anda sedang di tempat tak ada sinyal, proses belajar online tersebut masih bisa diakses dalam keadaan internet buruk.

Hal ini tentunya akan memberi nilai tambah pada suatu platform. Anda dapat mencobanya dengan mencari adakah fitur offline atau download materi. Bila ada maka gunakanlah fitur tersebut karena akan sangat membantu bila keadaan sinyal sedang buruk atau kondisi lainnya sehingga tak bisa online.

 

 

Deskripsi : Kondisi pandemi COVID 19 saat ini membuat proses pembelajaran baik sekolah maupun kuliah dilakukan di rumah.

Comments