Cara Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Era
Pandemi
Motivasi
dan semangat siswa di era pandemi COVID 19 tentunya sangat penting untuk
diperhatikan. Kondisi sekarang yang mengharuskan proses kegiatan belajar
mengajar (KBM) dilaksanakan di rumah, tentunya memberikan pengaruh terhadap
motivasi serta semangat siswa karena menggunakan metode berbeda.
Siswa
harus mulai sekolah secara online tanpa bisa bertemu langsung dengan guru atau
teman. Sesi praktik yang biasanya dapat dilakukan langsung di sekolah pun
sangat terhambat sehingga sekolah umumnya lebih didominasi oleh materi.
Tentunya hal ini akan mempengaruhi proses dan prestasi siswa.
Menjaga
serta meningkatkan semangat sekolah siswa adalah salah satu kewajiban guru.
Anda harus tau kiat untuk meningkatkan semangatnya mengikuti sekolah online,
bahkan belajar sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar siswa di era pandemi.
Metode Belajar yang
Beragam
Hal
pertama yang dapat diterapkan adalah membuat metode KBM beragam. Kegiatan
sekolah online bukan berarti metode KBM menjadi monoton dan tidak menarik. Anda
sebagai guru harus pintar, inovatif, dan kreatif walaupun di masa sulit ini.
Tentunya tidak akan mudah namun tentu terbayar dengan semangat murid.
Sesekali
buatlah metode berbeda seperti studi kasus, simulasi, pembagian peran, ataupun
debat yang membutuhkan murid belajar secara aktif. Jangan buat mereka hanya
diam serta mendengarkan Anda menjelaskan materi, namun buatlah mereka terlibat
dalam diskusi atau hal lainnya agar tidak pasif.
Membuat
murid berperan aktif juga akan meningkatkan minat serta rasa ingin taunya.
Misalnya bila disuruh berdebat, murid akan cenderung mencari bahan serta
mempelajarinya sungguh – sungguh sebelum mengutarakan pendapat di depan teman –
temannya. Hal ini menjadi salah satu alasan untuk belajar mandiri di rumah.
Berikan Tugas Proporsional
Sebagai
guru tentunya terkadang ingin memberikan tugas banyak bertujuan agar murid
dapat belajar mandiri di rumah. Namun ternyata terkadang hal tersebut tidak
efektif, bisa karena kuantitas tugas terlalu banyak atau jenisnya tidak
meningkatkan kualitas belajar, maka guru sebagai pengajar dan pembina harus
lebih memperhatikannya.
Berilah
tugas seperlunya yang akan meningkatkan motivasi siswa. Kuantitas banyak bukan
menjamin bahwa motivasi belajar siswa tersebut akan meningkat. Jangan terus
menyamakan pekerjaan rumah dengan nilai, hal ini bisa menjadi salah satu acuan
ketika memberi tugas, cobalah menekankan pada penguasaan materi dari pada
nilai.
Nilai
bagus bukan berarti murid benar – benar paham terhadap materi. Mulailah membuat
tugas yang membuat murid lebih mendalami materinya, bisa dengan diskusi, debat,
dan kreatif lainnya. Perhatikanlah pula kelebihan, kekurangan, dan berikan
komentar jelas agar mereka bisa mengevaluasi tugasnya bila ada kekurangan.
Menjadi Pengajar yang Semangat dan Peduli
Antusiasme
dan semangat pengajar akan mempengaruhi semangat audiens atau murid pula. Hal
ini ternyata adalah faktor penting untuk mempengaruhi psikologis belajar siswa
di sekolah. Bila pengajarnya lesu dan tak semangat, maka siswa juga akan lesu
mendengarkannya ketika menjelaskan pelajaran.
Cobalah
menjadi guru yang selalu semangat dalam pelajaran maupun bersosialisasi dengan
siswa. Tentunya bila lebih meningkatkannya dan dekat dengan mereka, maka mereka
tentu lebih senang belajar dengan Anda. Cobalah untuk melakukan pendekatan
dengan memberi tanggapan terhadap materi, ataupun hal lain seeprti harapan
serta kekhawatiran mereka.
Semangat yang
disertakan dengan kepedulian tersebut adalah kombinasi terbaik dari seorang
pengajar. Umumnya murid akan jauh memperlihatkan motivasinya kepada guru yang
sudah dekat dan perhatian terhadap perkembangannya. Banyak sekali upaya yang
bisa dilakukan, tak terkecuali memberikan hadiah atau penghargaan sekali –
sekali.
Deskripsi : Antusiasme
dan semangat pengajar akan mempengaruhi semangat audiens atau murid pula. Hal
ini ternyata adalah faktor penting untuk mempengaruhi psikologis belajar siswa
di sekolah.
Comments
Post a Comment