Tips Mengatur Waktu Agar Belajar di Rumah Menjadi Efektif



Mengatur waktu pada saat belajar di rumah pada era pandemi ini bisa dibilang gampang – gampang susah. Pasalnya bila di sekolah pada umumnya, murid akan diatur oleh jadwal yang telah disediakan oleh pihak sekolah sehingga tinggal mengikutinya tanpa harus mengatur sendiri.

Namun keadaan sekarang sungguh berbeda di mana pembelajaran dilakukan di rumah secara online tanpa datang ke sekolah secara fisik. Tentunya hal ini memberikan banyak dampak kepada murid dan guru. Metode sekolah di rumah memaksa murid untuk lebih mandiri dalam belajar dengan metode online baru.

Pada proses pembelajaran ini, murid umumnya harus bangun pagi dan sekolah online di depan layar selama beberapa jam. Murid membutuhkan manajemen waktu yang baik agar belajar efektif namun tidak meninggalkan kewajiban di rumah. Maka berikut ini telah kami rangkum cara mengatur waktu sekolah saat pandemi.

Membuat Beberapa Rencana Kegiatan

Ketika sekolah di rumah, Anda akan dituntut agar lebih mandiri, di mana semua waktu belajar harus diatur sendiri.  Membuat rencana kegiatan penting untuk dilakukan agar antara tugas sekolah dan tugas rumah dapat dilaksanakan secara baik. Terlebih saat school from home sering kali tugas yang diberikan akan lebih banyak dari pada sebelumnya.

Agendakanlah semua tugas yang diberikan beserta tanggal deadline atau pengumpulannya. Hal ini akan membantu Anda agar tidak lalai mengerjakan tugas karena merasa deadline masih jauh. Rencana kegiatan ini juga akan membuat Anda lebih santai berkegiatan karena sudah dibuat dengan jelas waktu serta kegiatannya.

Bila tidak membuat, bisa jadi akan mengakibatkan Anda kewalahan dalam belajar online ini. Pembelajaran bisa jadi tidak efektif karena tidak bisa menyeimbangkan aktivitas belajar dengan aktivitas rumah. Selain itu, hal ini tentu dapat mempengaruhi nilai dan kesehatan yang harus sangat dijaga.

Menentukan Prioritas Kegiatan

Untuk membuat rencana kegiatan, tentunya Anda tidak bisa asal saka. Cara terbaik adalah menentukan prioritas kegiatan Anda sehari – hari sehingga lebih mudah mengaturnya. Anda bisa mulai membuat prioritas utama yaitu jadwal kelas online dengan guru ataupun dosen yang dilanjutkan dengan sesi belajar mandiri.

Sesi belajar mandiri termasuk ke dalam mengerjakan tugas, belajar, diskusi kelompok, dan lain sebagainya. Setelah selesai membuat prioritas utama yang berhubungan dengan sekolah, tentukan prioritas ke dua. Misalnya adalah urusan pribadi, seperti mandi, makan, berkaitan dengan kesehatan yang harus dijaga terutama pada era pandemi.

Kemudian tentukan prioritas selanjutnya, misalnya membantu pekerjaan rumah agar tetap seimbang dilakukan dengan pekerjaan sekolah. Tentunya Anda bisa memilih sendiri prioritas utama hingga akhir karena akan berbeda tiap orang. Tentukan prioritas dengan baik agar rencana kegiatan tersebut mudah dan menyenangkan untuk direalisasikan.

Kenali Jam Biologis Diri

Saat Anda mengatur waktu untuk diri sendiri, sangat penting untuk mengenal jam biologis diri. Pada umumnya semua orang memiliki  jam biologisnya masing – masing. Ada yang bisa bangun cepat sekitar pukul 5, namun ada pula orang baru bangun siang mendekati jadwal sekolah.

Bisa juga mengenai jam biologis konsentrasi, misalnya lebih konsentrasi belajar di waktu pagi atau malam. Hal ini tentunya harus dikenali sendiri sehingga dapat mengatur waktu dengan baik tanpa memaksakan diri. Bila sulit konsentrasi malam hari misalnya, aturlah waktu untuk belajar di siang dan sore hari.

Bila membuat aturan kegiatan yang sangat berbeda dengan jam biologis Anda, maka bisa – bisa tidak akan bertahan lama. Namun bila keadaan mengharuskan Anda untuk bertentangan dengan jam biologis, pastikan tidak terlalu bertentangan sehingga masih dapat dilakukan dengan baik tanpa terlalu memaksakan diri.

 

 

Deskripsi : Mengatur waktu pada saat belajar di rumah pada era pandemi ini bisa dibilang gampang – gampang susah. 

Comments