MAKNA SUMPAH PEMUDA di Era Pendidikan Milenial






Meski sedikit terlambat, semoga postingan ini cukup bermanfaat

Makna Sumpah Pemuda di era pendidikan milenial harus disadari oleh setiap warga negara. Generasi penerus bangsa merupakan generasi yang paling bertanggungjawab bagi kemajuan bangsa. Pemuda merupakan tonggak yang akan menggerakkan revolusi bangsa sehingga semangat untuk terus maju tidak akan pernah terhenti.

Sumpah tersebut yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga negara. Di era sekarang ini, musuh bagi warga negara bukan lagi penjajah. Namun, tantangan paling besar adalah bagaimana untuk merawat semangat dari Sumpah Pemuda agar tetap berkobar dari generasi ke generasi.

Makna Sumpah Pemuda di Era Modern

Tanpa terasa, peristiwa heroic Janji Para kawula muda sejak tanggal 28 Oktober 1928 kini sudah masuk ke zaman milenial. Tahun 2020 ini, bangsa Indonesia sudah memperingat Sumpah ini yang ke 92. Ini merupakan tahun yang cukup lama dimana peringatan ini harus selalu ada di hati setiap warga negara Indonesia.

Ikrar Sumpah tersebut selalu menjadi sebuah semangat persatuan dan kesatuan bagi para pemuda di kemerdekaan yang telah berlalu. Kemerdekaan nyatanya memang bisa diraih dengan peperangan mengangkat senjata dalam melawan penjajah. Namun, tentu saja kemerdekaan tidak bisa diraih tanpa adanya semangat untuk merdeka.

Makna Sumpah Pemuda di era ini adalah tantangan bagi para pemuda di Indonesia untuk terus menciptakan kedamaian. Indonesia yang terdiri dari berbagai macam jenis suku, agama, dan budaya bukanlah menjadi sebuah penghalang yang dijadikan untuk tidak bisa bersatu. Komitmen ini harus selalu dicanangkan untuk menjadi pelopor bagi perdamaian di berbagai bidang.

Visi bangsa Indonesia yang sudah tercermin dalam UUD 1945 memang sangat universal. Oleh karena itu, setiap warga negara di bangsa ini harus bisa melakukan implementasinya secara memadai. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah terus melaksanakan apa arti dari Sumpah Pemuda itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari.

Mengamalkan Makna Sumpah Pemuda di Lingkungan Masyarakat

Sebagai generasi muda yang mencintai bangsanya, maka semua pemuda harus bisa melaksanakan arti dari Sumpah tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai dari Sumpah Pemuda bisa terus dijalankan tanpa harus melakukan sesuatu yang menimbulkan perpecahan.

Lalu, bagaimana sikap warga negara dalam mengamalkan sikap sesuai dengan arti Sumpah Pemuda itu sendiri?

1.     Menghargai perbedaan umat dan antar suku

Indonesia mengakui 6 agama yang dianut oleh berbagai suku bangsa dan tersebar di berbagai belahan Negara. Masing-masing suku juga memiliki adat istiadat dan bahasa tersendiri. Agar tidak timbul perpecahan, maka setiap orang harus menghargai perbedaan antar suku.

2.     Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik

Bahasa Indonesia seperti yang tersirat dalam Sumpah tersebut adalah bahasa pemersatu bangsa. Setiap warga Negara harus menggunakan bahasa Indonesia dengan baik sebagai bahasa untuk melakukan komunikasi dengan sesama warga Negara.

3.     Bangga terhadap bangsa Indonesia

Setiap warga Negara juga harus bangga terhadap negaranya. Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah. Tidak hanya itu, Sumber Daya Alam yang melimpah, tempat wisata eksotis, serta berbagai kesenian tradisional harus dihargai dan dilestarikan.

4.     Belajar dengan bersungguh-sungguh

Setiap warga negara harus belajar dengan baik dan sungguh-sungguh untuk memajukan bangsanya. Semua warga harus menjadi lebih rajin, lebih giat, dan lebih aktif dalam melaksanakan semua program pendidikan. Para muda adalah ujung tombak dari kemajuan Negara. Maka, jangan pernah menjadi generasi muda yang pemalas.

Semangat dari Sumpah Pemuda hendaknya harus selalu ada dalam hati masyarakat. Dengan bangga terhadap bangsa, maka Indonesia akan memiliki anak-anak muda kreatif dan siap memajukan negaranya. Makna Sumpah Pemuda bisa menjadi semangat bagi seluruh warga Negara demi Indonesia lebih maju dan sejahtera.

 

  


Meta Description

Keyword          : Makna Sumpah Pemuda

Deskripsi         : Makna Sumpah Pemuda adalah sebagai pelopor serta semangat untuk para pemuda agar lebih aktif dalam memajukan negaranya.

 


Comments